Wonderful Pangandaran - Info Pangandaran

Wisata Kabupaten Pangandaran merupakan Destinasi wisata Dunia dan contoh untuk kab lain

Oleh Redaksi pada Kamis, 23 Januari 2014 23:21 WIB

Bagaimana langkah yang dilakukan Kabupaten Pangan­daran dalam mengelola dan mempromosikan potensi
wisata pantai menarik perhatian Pemerintah Kabupaten lain,salah satunya Sumedang
Pihak Pemda Sumedang bersama Komunitas Fotografer Kab. Sumedang belajar tentang potensi wisata dan bagaimana cara mempromosikannya ke berbagai Negara.
Mereka belajar seluk beluk potensi pariwisata dan bagai­mana mempromosikannya kepada Dinas Pariwisata Kope­rasi dan UMKM Kab. Pangan­daran. Pertemuan tersebut dilakukan di aula Hotel UNI Pangandaran, Kamis (21/11/­2013) malam.
Kepala Bidang Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbud­parpora) Kab. Sumedang ,Asep Rahmat Hidayat mengatakan dalam waktu yang singkat Kab. Pangandaran akan terkenal dibanding pemerintah induknya Kab. Ciamis.
Kenapa, Kab. Sumedang harus belajar pengelolaan dan promosi potensi wisata ke Pangandaran, Asep menjelaskan karena Sumedang akan memiliki waduk terbesar yang memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai obyek wisata unggulan.
"Makanya kami harus belajar dari Pangandaran, karena Pangandaran sudah menjadi destinasi wisata yang mendunia," ucapnya.
Kepala Dinas Pariwisata Koperasi dan UMKM Kab. Pangandaran, Suheryana mela­lui Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Tita Rahayu Dining­sih,SE.M.Si mengatakan, Kab. Pangandaran memiliki beberapa tempat wisata yang potensial baik itu keindahan alam, budaya dan juga even yang selalu digelar tiap bulan.
"Harapan kami kepada komunitas fotografer bisa lebih mempromosikannya ke luar daerah dengan keadaan wisata Pangandaran yang ada," katanya
Ia mengaku bangga dengan adanya minat dan keinginan pemerintah Sumedang yang menggandeng komunitas Fotografer Sumedang.
"Kami sangat bangga dengan para rekan-rekan dari Sumedang yang telah bersedia belajar tentang potensi wisata di Pangandaran," tambah Tita slah seorang peserta
Namun keberhasilan Kabupaten pangandaran tergantung yang mengelolanya itu sendiri harus sangat serius,SDM nya harus siap dan dipersiapkan kalau tidak ya akan seperti itu terus tidak ada kemajuan,tentu juga tidak ada manfaat buat masyarakat juga saya harap stekholder dan para dinas terkait Parawisata,disdikbudpora semuanya harus ikut serta berpartisipasi. Pangandaran itu punya potensi sangat besar,makanya yang memenegnya harus orang yang mumpuni ujar Teddy Sonjaya salah seorang tokoh pemuda di pangandaran

# # # # # # # # # #